GRC Summit 2022: Mengembangkan Layar di Tengah Ketidakpastian

Dunia tata kelola, risiko, dan kepatuhan (Governance, Risk, and Compliance atau GRC) selalu bersifat dinamis karena mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut membuat semua pihak yang terlibat dalam bidang GRC wajib melakukan adaptasi dan perbaikan berkesinambungan agar mampu melewati krisis. Berbagi ilmu dan pandangan baru merupakan salah satu cara terbaik untuk mengetahui kondisi GRC terkini di kancah nasional maupun internasional. Latar belakang tersebut menginspirasi CRMS untuk kembali memprakarsai acara GRC Summit 2022.

Lebih Dekat dengan GRC Summit 2022

GRC Summit 2022 merupakan acara tahunan keempat yang mempertemukan praktisi, akademisi, dan regulator dari berbagai latar belakang industri (nasional dan asing). Momen pertemuan istimewa ini dilakukan untuk saling berbagi perspektif dan pengalaman dalam mempraktikkan GRC secara terintegrasi. Penyelenggaraan GRC Summit 2022 dibagi menjadi 2 sesi, yaitu tanggal 25 Agustus 2022 untuk acara lifetime achievement dan seminar serta 26 Agustus 2022 untuk kegiatan Master Class. Total peserta seminar dan Master Class yang berpartisipasi dalam acara tersebut mencapai 500 orang secara daring via Zoom maupun luring yang berlokasi di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Topik “Sailing in the multiverse of uncertainty” dalam GRC Summit 2022 dipilih untuk menggambarkan bahwa organisasi pada setiap sektor sedang menghadapi ketidakpastian yang datang dari berbagai aspek, antara lain ketidakstabilan politik, pandemi Covid-19, era digital, dan lainnya. Ketidakpastian tersebut menimbulkan risiko dalam menciptakan nilai dan mencapai keberlanjutan organisasi.

Rangkaian Kegiatan dan Pengisi Acara GRC Summit 2022

Acara GRC Summit 2022 resmi dirilis oleh Bapak Dr. Antonius Alijoyo selaku Ketua Steering Committee GRC Summit 2022 sekaligus Principal CRMS Indonesia. Kemudian, sesi berikutnya adalah Lifetime Achievement oleh Ketua Dewan Audit OJK, Ibu Sophia Wattimena. Pada kesempatan tersebut, Ibu Sophia juga membahas topik seputar penciptaan nilai melalui GRC pada Sektor Jasa Keuangan di Indonesia. Pembahasan tersebut sangat krusial karena berkaitan dengan literasi finansial bagi para pelaku bisnis di tanah air.

Selanjutnya, sesi Keynote Speech diisi oleh Lee Dittmar dengan paparan mengenai penciptaan nilai melalui GRC pada sektor global. Pada sesi ini, para peserta GRC Summit 2022 diajak berpikir futuristis tentang prediksi tantangan GRC secara global di masa modern. Selain ketiga pengisi acara tersebut, ada beberapa narasumber lainnya yang turut menjadi pembicara dalam GRC Summit 2022 tanggal 26 Agustus 2022, yaitu:

  • Bapak Kunjung Masehat selaku Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
  • Bapak Hendro Kusumo selaku Deputi Bidang Pengembangan Standar Badan Standardisasi Nasional (BSN).
  • Ibu Sinthya Roesly selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT PLN Persero.
  • Bapak Adi Budiarso selaku Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
  • Bapak Arief Tri Hardiyanto selaku Kepala Pusdiklatwas Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
  • Bapak Dr. Waluyo selaku Dewan Pengawas Asosiasi GRC.

Harapan Besar untuk Penyelenggaraan GRC Summit 2022

Sebagai salah satu organisasi pendukung GRC Summit 2022, Mitra Kalyana Sejahtera (MKS) berharap bahwa acara tersebut dapat meningkatkan kesadaran dan komitmen bersama untuk mendukung, menerapkan, dan mengembangkan praktik GRC terintegrasi di organisasi. Sehingga implementasi GRC membuat organisasi sigap mengantisipasi risiko, mengambil kebijakan terbaik dari perspektif bersama, serta tetap mematuhi regulasi yang berlaku.

Kesempatan berbagi ilmu dan pengalaman dalam GRC Summit 2022 akan menjadi bekal berharga yang membantu organisasi bertahan menghadapi situasi penuh ketidakpastian.

Diunggah ulang dari website resmi CRMS Indonesia dengan izin.
Sumber: https://crmsindonesia.org/publications/grc-summit-2022-mengembangkan-layar-di-tengah-ketidakpastian/